Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri Untuk Pemula

Bagi Anda yang kesulitan membuat aplikasi android, dalam artikel ini akan Rackh jelaskan cara membuat aplikasi Android dengan mudah.

Rahasia untuk bisa menguasai kemampuan apapun dan khususnya kemampuan programmer adalah dengan latihan terus menerus. Sebab, jika Anda sering latihan membuat aplikasi android maka Anda akan semakin mudah untuk mengembangkan aplikasi android.

Pernahkah Anda bertanya bagaimana cara membuat aplikasi Android yang rumit seperti OLX, Tokopedia maupun Sophee ? aplikasi yang kami sebutkan tadi adalah aplikasi yang dibuat oleh team yang tidak sedikit jumlahnya.

Baca Juga : Jasa Buat Aplikasi

1. Buat terlebih dahulu konsepnya

Pada langkah pertama sebelum proses pengerjaan, kamu harus memikirkan dahulu aplikasi apa yang mau kamu buat serta tujuannya. Kira-kira digunakan untuk apakah aplikasimu ini? Apa kontribusinya ke masyarakat?

Permasalahan seperti apa yang selesai dari terciptanya aplikasimu? Bagaimana caranya memasarkannya. Ide tersebut perlu kamu gambar untuk memberikan presentasi yang lebih solid, matang dan luas.

2. Mendesain Template

Jika kamu sudah melakukan uji coba dan merevisi aplikasimu, maka ini waktu yang tepat untuk mendesain tampilannya. Tampilan user interface yang cantik dapat menarik banyak pengguna sehingga kamu harus mengibaratkannya seperti garda depan pasukanmu.

Ingat, kamu membuat aplikasi bukan untukmu sendiri, melainkan orang lain. Jadi feedback tetap penting.

3. Uji coba konektifitas back end dan user interface aplikasimu

Di proses ini kamu kembali menguji coba aplikasimu namun untuk tujuan yang berbeda, yaitu untuk melihat apakah back end-mu berfungsi dengan baik terhadap user interface yang sudah dibuat. Pengetesan baterai pun juga perlu diberlakukan untuk meninjau apakah aplikasimu menghabiskan banyak daya atau tidak. Lakukan revisi jika ada hal yang tidak sesuai.

4. Lakukan beta testing

Kamu harusnya sudah merasa puas dengan aplikasimu, tapi itu untukmu, bukan orang lain. Kamu tetap perlu mengetahui pendapat orang-orang.

Lakukanlah beta testing untuk mengecek seberapa diterimanyakah aplikasimu ini di masyarakat. Tentu akan ada pendapat pro dan kontra. Oleh sebab itu, kamu harus pintar-pintar menyaring pendapat mereka untuk menyempurnakan aplikasimu sebelum diluncurkan

Share:


Related Posts

jasa konsultan IT medan
Jasa Konsultan IT Medan Terbaik

Jasa Konsultan IT Medan – Mencari dan memilih perusahaan konsultan IT Medan yang...

Pentingnya Website Untuk Bisnis Anda di Masa Pandemi Corona
Pentingnya Website Untuk Bisnis Anda di Masa Pandemi Corona

Wabah virus Corona telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Saat ini semakin sedikit...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website *